Saturday, July 25, 2009

Karena kita,adalah Anak-Anak Indonesia.

Acara peringatan Hari Anak Nasional tanggal 22 kemarin (kebetulan saya hostnya),membukakan mata dan hati saya pada sebuah pemikiran yang seharusnya juga hinggap di pikiran kalian,Anak-anak Indonesia yang membanggakan…


- mengapa kita harus bangga menjadi Anak Indonesia?


Karena kita adalah jutaan Anak-anak yang memiliki kesempatan sangat besar untuk berkembang,untuk mengolah hidup kita dari mulai fisik hingga mental sebagai sesuatu yang bisa tereksplorasi dengan baik. Karena kita memiliki para mantan-mantan pahlawan sebagai panutan kita untuk lebih membela Negeri ini sampai kapanpun,sebagai contoh bagaimana kita harus bisa mencapai tingkat “kelayakan” disebut sebagai Warga Negara Indonesia yang baik. Karena masing-masing dari kita memiliki kebebasan. Kebebasan untuk berteman,untuk menjalin hubungan dan sosialisasi tanpa batas dengan siapa saja dengan fasilitas yang tersedia,baik buta,tuli,bisu,lumpuh,semua bisa membaur jadi satu di Indonesia (asalkan kita mau). Juga warisan-warisan budaya dan alam berdevisa tinggi yang harus kita lestarikan sampai kapanpun.


- mengapa ya,kita kadang merasa tidak/kurang bangga menjadi Anak Indonesia?


Itu karena diri kita sendiri! Kita yang selalu haus akan kesempurnaan hidup,haus akan segala kesempurnaan-kesempurnaan lain yang mustahil kita dapatkan di kehidupan yang serba-tak-pasti ini. Kita selalu menganggap apa yang sudah tersedia di Negeri ini adalah sesuatu yang tidak cocok,tidak pantas,tidak bagus. Kita selalu saja seolah-olah-mencari-alasan untuk tidak bisa mengeluarkan kata-kata pujian untuk Negara kita. Hargai proses! Semua yang ada di dunia ini,butuh proses! Tanaman butuh proses untuk tumbuh besar dan subur,manusia butuh proses dari bayi hingga sampai dewasa,komputer butuh proses untuk me-loading,dan banyak hal-hal lain lagi yag semuanya juga membutuhkan proses. Sadarkah kita,bahwa sikap-sikap kita diatas tadi,malah menghambat proses Negara ini menuju ke-lebih-baikan yang selalu kita tuntut itu.

Secara keseluruhan,yang ingin saya sampaikan adalah :

Ayolah teman-teman! Mulai sekarang,lebih cintailah Indonesia kita ini. Karena Indonesia memang butuh cinta kita. Mulai sekarang,lebih berbangga hatilah menjadi Anak Indonesia dengan segala kelebihan dan kekurangan yang ada. Hidup kita yang masih panjang ini,jangan sampai kita sia-siakan hanya untuk mencari sebuah hasil. Tapi sebaliknya,manfaatkan kesempatan hidup yang terbuka lsungguh lebar ini untuk menjalani sekaligus menghargai proses!

Kita Anak-anak Indonesia,kita maju,dan kita bangga akannya!

_ SELAMAT HARI ANAK NASIONAL 2009,BANGKITKAN SEMANGAT NASIONALISME BAGI SELURUH JIWA ANAK-ANAK INDONESIA _

No comments:

Post a Comment