Monday, February 2, 2009

janji PAK SBY yg (belum) di tepati

Waktu gw ikut Konferensi Anak Bobo taun 2005,gw dapet kesempatan buat tanya-jawab ama pak.SBY,dan dalam sebuah statement dia mengemukakan akan berusaha menghapus yg namanya Ujian Nasional (UN),juga saat gw dapet kesempatan untuk jadi MC pas acara HAN 2008 bersama beliau,beliau pun mengutarakan hal yg kurang lebih sama…

Taun ke taun gw dan (mungkin) seluruh anak anak Indonesia yg lain menunggu janji itu menjadi kenyataan,dan sampai taun ini? beluuumm….

Menurut gw,UN emang bener bener harus diapus soalnya kemampuan kita kita kan beda beda,dan gag semua fasilitas pendidikan di Negeri kita menunjang anak anak Indonesia untuk dapat nilai yg setara dengan anak anak “mampu” lainnya.

Ditambah dengan sistem super aneh dan ngejerumusin,yaitu “sistem ujian dengan ngebulet-buletin jawaban pake pensil khusus yg kalo melenceng sedikiiit aja bakalan “lost” alias dianggap salah meskipun jawaban kita bener.”

Itu jelas jelas gag adil,coba deh bayangin kalo ada seorang anak super pinter yg selama sekolah sampai ikut pra-pra ujian dengan nilai yg maksimal.tapi menjelang UN dia tibatiba kecelakaan parah yg mengakibatkan dia harus kehilangan kedua tangannya.Dia tetep harus ngebuletin kertas jawaban si***n itu pake kaki,dan tentu aja banyak yg melenceng,teruz masa depan dia gimana?rusak gitu aja?dan sayangnya Pemerintah gag pernah mikir sampe sejauh ini.

Gw banyak denger n tau dari temen temen yg sedang sangat sangat sibuk ikut pra-pra ujian ini itu yg ternyata gag PENGARUH SAMA SEKALI sama NEM! Coba salah satu diantara kalian mengalami hal itu,dan sesaat menjelang ujian otak kalian meledak!kalian jadi stress dan bahkan mungkin jadi gila! Truz,kalian mau masa depan kalian yg udah kalian siapin begitu mantap malah berakhir tragis dan cukup sia sia seperti anak diatasss??? Sayangnya lagi,Pemeritah dan Pak.PRESIDEN tentu aja gag ‘ngeh akan hal ini.

Kalo aja para “petinggi negeri ini” baca tulisan gw,gw harap ini bisa sedikit merubah sistem pendidikan di Indonesia khususnya mengenai UJIAN NASIONAL yg kayaknya udah cukup banyak menelan korban.

*mungkin itu juga salah satu alasan kenapa sampai saat ini KAK SETO dan teman teman terus memperjuangkan hak anak untuk terus menggapai cita cita dengan cara mereka sendiri bukan dengan “paksaan”,dan gw readers? Akan tetap berdiri di baris paling depan untuk memperjuangkan hal yg sama.

Yg setuju,yg gag setuju,atau yg bahkan gag tau mau beranggapan apa,tetep boleh komen kok…

;D ;D ;D

3 comments:

  1. aku stuju ama kamu!!

    menrutku UN itu penting tapi.tapi
    dengan cara yang lain..

    bukan buletin2 kertas kyk gituan..

    ngabisin waktu bgt!
    kalo misalkna ada anak pinter tapi kerjaan nya g rapi
    kan sayang bgt tuh
    nilai dia jadi down gara.gara buletin2 kyk gituan
    trus kita juga harus mengeluarkan biaya lebih untuk membeli penggaris ljk,pensil 2b,penghapus,dll
    *sebenernya sih wajar,tapi klo harus ngebuletin2 gituan harus punya pensil ekstra,kalo sewaktu2 patah,tumpul,dll.. menrutuku loo..hahah


    hmmm..
    jadi mnurtku UN tuh ttp ada aja
    tapi d ganti namanya
    apalah pokonya
    soalnya aku aja takut ama kata.kata UN
    trus sistemnya tuh bukan ljk

    nyilang2 aja





    hahahah

    segitu dulu dehh

    maaf ya kalo pada g stuju..


    daaa...

    ReplyDelete
  2. iya,aku juga gak setuju.ampe SD aja ada UASBN,hampir samalah sama UN.aku bener-bener strees banget ngadepin UASBN ituu.kalo aku bilang,UN itu diapus aja dari negri ini,buang jauh-jauh.itu tuh bikin anak indonesia strees.
    kayak misalkan.,kakaku yang waktu SMP ngikutin UN.
    kakaku jadi ga bisa ngapa-ngapain.setiap hari kerjaanya pasti belajaaaaaar mulu.apa ga strees tuh lama-lama?uuhhh,gara-gara UASBN juga,AKU GA MASUK SMP YANG AKU PENGENIN.
    pernah juga anak pinter pas UN NILAINYA MENURUN cuma gara-gara buletinya ga beneer.sayang banget kan tuh?pemerintah payaaaaaaaaah!apa-apa harus pake NEM.ihhh.
    di luar negri,jaman gitu pake NEM?ga kali!

    hehhehe,maaf emosi.
    aku setuju sama kamu,hapuskan UN dari negri ini!yeaaah :))

    ReplyDelete
  3. aku gg setuju UN di ilangin ,
    nanti siswa2 pada seenaknya n sante sekolah juga karna dia gg ada target .
    aku gg setuju juga klo UN harus pake ljk .
    harusnya pake silang2 ajah yaa ?

    setuju ? wwwkwkw :P

    ReplyDelete