Monday, August 3, 2009

Prom night (teenlit short story)

Prom Night


“ San,lo udah punya baju belom buat prom minggu depan? “ tanya Tasya padaku. Aku menggeleng. “ Sepatu? “ tanyanya lagi. Aku menggeleng. “ Hmm…aksesoris? Gelang kalung atau apa gituh? “ untuk ketiga kalinya dia bertanya padaku. Aku kembali menggeleng. “ Ya ampuuun,terus apa yang lo punya? Apa aja yang udah lo siapin buat pesta prom yang tinggal tujuh hari lagi ituuu? “ tanya Tasya lagi padaku kali ini Ia sudah mulai emosi. “ Nggak ada,Tas…Gw nggak nyiapin apa-apa… “ jawabku datar. “ MasyaAllah..! lo tuh udah gila apa amnesia sih San? Minggu depan itu prom night! Dan lo tau,itu malam terakhir kita buat kumpul-kumpul sama anak-anak seangkatan! Jadi,itu malam tuh penting banget tau! Lo gimana siiihhh??? “ cerocos Tasya dan kali ini kepalanya udah mulai berasep. “ Gw…gw nggak punya duit Tas. Gw belom gajian,café lagi sepi jadi katanya Bos gw nggak ada lagi kasbon-kasbonan. Order jahitan nyokap gw juga lagi sepi,jadi ya udah deh,gw nggak ada harapan buat bisa ikutan prom. “ jelasku pada sahabatku Tasya yang super perfeksionis ini. “ Ooh,jadi semuanya karena masalah duit? Ya ampun San,lo kan tau nyokap gw punya butik,lo pake aja baju sama sepatu dari butik nyokap gw,terus aksesorisnya ntar gw pinjemin? Yah yah? Aduh San,lo tuh harus tampil pol-polan dong pas prom night nanti,kan lo ketua OSIS,yah? Bentar,gw telpon nyokap gw dulu… “ jawab Tasya sambil ngambil handphone dari kantong celananya. “ Eh,nggak usah nggak usah,selama ini gw udah banyak ngerepotin lo sama keluarga lo,jadi untuk masalah yang kali ini,gw nggak mau lagi memperpanjang daftar utang budi gw sama keluarga Suherman. Gini aja,kan prom masih tujuh hari lagi,ya gw masih punya waktu lah buat nyari kerja sambilan. Oke? Pokoknya lo nggak usah khawatir,gw bakalan tampil pol-polan di prom night nanti seperti apa yang lo tadi omongin. Ya? “ tawarku pada Tasya. “ Hmmh,ya udah tapi kalau ada apa-apa lo jangan sungkan-sungkan ya buat minta bantuan sama gw. “ huuuh,akhirnya aku berhasil juga taklukkin Tasya yang gampang panikan ini. “ Iyaaaa sayaaaang..! Pokoknya lo tenang aja,semuanya beres deh! Udah dong,jangan cemberut lagi. “ hiburku. Dan Tasya pun kembali bersedia mengembangkan senyumnya lagi yang bak model itu.

***

H-6

Praaaangggg…!!! Celengan sapi kesayanganku kini tubuhnya sudah terpotong-potong seperti di mutilasi karena baru saja aku sengaja pecahkan. “ Dua puluh,tiga puluh,tiga puluh lima,empat puluh,empat puluh lima,empat puluh sembilan,tiga ratus. Haaah?! Cuma Empat puluh sembilan ribu tiga ratus perak?! Yaah…segini mah mana cukup buat beli baju sama sepatu?! Aduuh,gimana niih… “ aku panik setelah mengetahui uang tabunganku nggak cukup buat beli baju dan sepatu baru buat acara prom night nanti. “ Kamu lupa kalau Ibu kamu ini penjahit? Kamu ini,kenapa sih kalau setiap ada masalah-masalah kayak gini nggak pernah mau cerita sama Ibu? Uhuk uhuk,.. “ tiba-tiba sambil terbatuk-batuk Ibuku masuk kedalam kamar dan memergokiku yang sedang memandangi celengan dengan lembaran uang kucel di tangan. “ Eh Ibu,eee…nggak Bu,aku… Oh iya ya! Ibu kan penjahit! Kenapa nggak dari kemarin aja ya aku minta Ibu bikinin baju?! Hehehe..Ibu bisa bikinin baju buat acara prom Enam hari lagi? “ pintaku pada Ibu yang tetap tersenyum meski sedang sakit. “ Ya bisa dong sayang,buat anak Ibu yang paling cantik ini apa sih yang nggak bisa? Memang kamu mau model baju yang seperti apa? Uhuk uhuk uhuk,coba tunjukkan sama Ibu.Uhuk uhuk. “ sahut Ibu sambil duduk di ujung tempat tidurku. “ Oh,yang kayak gini nih Bu kalau bisa. “ sahutku sambil mengambil sebuah majalah dari atas meja membuka lembarannya dan menunjukkan sehelai gaun casual yang di majalah itu dikenakan oleh seorang Model. “ Bisa Bu? “ tanyaku meyakinkan. “ InsyaAllah. Uhuk uhuk uhuk “ sahut Ibuku. Yeeeee!!!! Asiiiik!!! Ibuku emang the best! Meskipun lagi kena Flu,Ibu tetep ngebela-belain kepentinganku anaknya! Waaaah,aku jadi makin sayang nih sama Ibu… Hihihi. Makasih banyak ya Bu…


***

H-4

“ Tasyaaaa…!!! Gw punya kabar gembira buat lo,mau denger nggaaak? “ sapaku pada Tasya. Pagi ini seperti biasa kami kumpul di Sekolah untuk mempersiapkan buku tahunan,rancangan dekorasi buat malam prom,sama ngurusin budget plus tek-tek bengeknya. Jam satu siang nanti,kami juga harus ke percetakan Mulia buat ngambil hasil cetakan buku tahunan kami. Tinggal di hias-hias jadi deh buku tahunan angkatan aku dan teman-teman!. “ Kabar gembira apaan nih San? Lo udah jadian sama si Yudha? “ tanya Tasya penasaran. “ Jadian sama Yudha? Apaan sih lo…bukan bukan. Kabar gembira yang Pertama,gw udah gajiaaan!!! Jadi,gw nggak perlu cari kerja tambahan lagi,dan gw bisa fokus bantuin lo ngurusin laporan keuangan! Oiya, uang gajiannya udah gw pake buat beli sepatu lho kemaren. “ jawabku menerangkan kabar gembira yang pertama. “ Ohya? Bagus dong kalau gitu…Terus terus,kabar gembira yang selanjutnya apaan? “ tanya Tasya makin penasaran. “ Yang selanjutnya,gw udah dibikinin baju ama nyokap gw buat acara prom night sekolahan kita! Dan..kata nyokap gw,baju itu bakalan selesai hari ini! Yeeee…gw seneeeng banget Tas. “ lanjutku menerangkan. “ Wah? Pastinya lo deh yang bakalan kepilih jadi queen prom nanti,secara yang angkatan tahun kemaren aja Kak.Ivon pake baju hasil karya nyokap lo eeeh…dia menang deh jadi queen prom! Sebenernya gw juga kepengen banget make baju hasil jahitan nyokap lo,tapi gw udah terlanjur dibeliin sama Tante gw yang di Bandung. Eh,eh. Sepatu kan udah ada,Baju sip banget dah,aksesoris pake jasa gw,kalau cowok gimana? Si Yudha belon ngajakin lo prom date juga? “ tanya Tasya kali ini tentang cowok sekelas yang sudah lama aku taksir. “ Belon nih Tas…ya udahlah nggak apa-apa juga,ke prom tanpa cowok mah nggak masalah buat gw,yang penting kan ada lo…Nggak apa-apa kan kalau gw bareng lo aja nanti? “ tanyaku balik pada Tasya. “ Hahaha…ya nggak apa-apa lagi! Asalkan lo nggak cemburu aja ngeliat gw sama Rony berduaan,hahahaha “ canda Tasya. “ Yeeee!!! Ya nggak lagi! Ngapain cemburu-cemburu segala?! hahaha “ sahutku sambil tertawa-tawa.

***

H-2

“ San,lo mau nggak dateng ke prom bareng gw? Setau gw,lo belum punya cowok kan? “ ceritaku pada Tasya sambil menirukan gaya Yudha yang mengajakku ke prom bersama lusa nanti. “ Hah?! Serius dia ngomong gitu sama lo di telepon? “ sahut Tasya setengah nggak percaya. “ Iyaaa!!! Lo aja nggak percaya kan? Apalagi gw,semalem pas dia telepon jantung gw mau copot tau nggak sih?! Gw nggak nyangka aja,Yudha cowok impian satu Sekolah yang udah sekian lama gw taksir,malah ngajakin gw si ketua OSIS selenge’an ini ke prom night! Aduuuh…bener kata lo Tas,rejeki mah nggak bakalan kemana! Hihihihi “ sahutku bahagia sekali. “ Wah wah wah,gw juga nggak mau kalah ah. Pokoknya gw mau dandanin Rony biar nggak kalah keren sama Yudha,ya lo tau sendirilah Rony ama Yudha kan beda banget. Tapi gw mau usaha supaya Rony tampil maksimal mal mal pas prom nanti! Ahahahahaha. “ jawab Tasya antusias. “ Iya deh iyaaa!!! Atur aja Bu…ahahahahaha ” Hmmh, Tuhan tuh memang punya sejuta jawaban ya buat semu permintaan HambaNya,contohnya gw? Nggak nyangka,kalau semuanya bisa jadi semulus ini. Baju udah siap,sepatu apalagi,aksesoris tinggal pake,cowok?! Wedeeeh…tinggal gandeng aja! Hahahaha.

***

Hari H

“ Bu…Ibu beneran nggak apa-apa kalau aku tinggal pergi? “ tanyaku meyakinkan Ibu sebelum masuk ke mobil Yudha. “ Iya…nggak apa-apa Santi. Ibu nggak apa-apa,cuma flu biasa,istirahat sebentar juga nanti baikan…Uhuk uhuk uhuk “ sahut Ibu lemah,tapi tetap menyuruhku pergi. “ Ya udah kalo begitu,aku sama Yudha berangkat dulu ya Bu… “ Aku pun masuk kedalam mobil. Baru saja aku dan Yudha mau mengucapkan salam dan melaju pergi, “ Ibu! MasyaAllah,Yudha Ibu pingsan! “ aku dan Yudha pun segera turun dan membawa Ibuku ke Rumah Sakit.
Sepanjang perjalanan,aku hanya bisa menangis sambil memeluk Ibu di pangkuan.

***

“ Dok,Ibu saya nggak apa-apa kan? “ tanyaku pada Dokter yang baru saja keluar dari ruangan Ibuku di rawat. “ Tenang saja dik, Ibu Anda hanya mengalami batuk dan flu seratus hari. Tapi,jika terlambat ditangani akan berdampak buruk pada kesehatan Ibu Anda. Saya permisi dulu ya dik,. “ Jelas Dokter menenangkanku. “ Tuh kan Sin,Ibu kamu nggak apa-apa kok. Kamu tenang aja dulu sekarang…Yah? “ kata-kata Yudha semakin menenangkanku. “ Iya. Tapi Yud,aku minta maaf yah gara-gara aku, kamu jadi nggak bisa datang ke Prom dan menikmati acara yang seharusnya… “ belum selesai aku meneruskan permintaan maafku,Yudha malah merangkulku hangat.

“ SURPRISE!!! “ tiba-tiba teman-temanku dari Kelas.12a termasuk Tasya dan Rony datang menghampiriku dan Yudha yang sedang duduk di koridor Rumah Sakit sambil membawa mahkota dan selempang bertuliskan “ queen prom“ dan “ king prom ” dan mengenakannya padaku dan Yudha. “ Lho..Lho..Lho.. ngapain kalian kesini? “ tanyaku masih bingung soal apa yang terjadi. “ We’ll just have to bring the party to you! “ Tasya mewakilkan. “ Thank you…!!! “ sahutku dan Yudha berbarengan.

2 comments:

  1. widiiihhh udah buat cerpen lagi....xD
    ninis produktif banget ih, iri...xD

    AKU SUKAAA~

    kereen~ berasa banget kesan 'teenlit'nyaa huehue..xD

    ReplyDelete
  2. hahaha
    maklum soy,lagi gak ada job yaudah deh buat cerpen ajaa...hihihi :)

    masa sih?
    menurut aku ini teebas,alias teenlit basi! hahaha

    ini kan dapet inspirasinya gara2 baca majalah liputan tentang prom gitu sa..ohoho *sambil diliputi rasa iri karna gak bakalan bisa nikmatin indahnya prom JHS* XD XD XD
    tengkyu ya sooy *pelukciumhangatakubuatarsoyseorang* hahaa

    ReplyDelete