Wednesday, February 3, 2010

Kompetisi Website Kompas MuDA - KFC

Halo haloo!! tunggu tunggu...
Sebelum kamu menggerakan scroll mouse atau mengarahkan kursor menuju ke bawah, Ninies mau memberikan penjelasan dulu soal judul post kali ini.
Ya! Betul sekali! Ninies lagi ikutan
Kompetisi Website Kompas MuDA - KFC yang diselenggarakan oleh mudaers.com

Ayoyooo langsung aja baca tulisan Ninies kali ini yang bertema :
" Bangga Indonesia " Check this out :)

" I'm proud to be an Indonesian. "

Sering dengar quote diatas kan? sering baca di internet kan?
Yayaya quote diatas memang nge-top banget lah mejeng dimana-mana. Tapi apakah pesan dari enam kata berbahasa inggris tersebut sudah terealisasikan? apakah kita sebagai seorang Indonesian sudah bangga menjadi orang berkebangsaan Indonesia?

Untuk memutuskan sebuah pilihan, termasuk diantaranya memutuskan untuk bangga pada Indonesia, tentu saja kita harus punya alasan yang memadai. Sama halnya kalau kita memutuskan nggak mau pergi ke diskotik, karena kita nggak suka bau asap rokok dan lampu remang-remang.

Lalu, apa alasannya kita harus bangga pada Indonesia? mengapa kita wajib menyatakan kebanggaan kita pada negara yang banyak koruptornya ini?

There's so many reasons for it.
Diantaranya, karena Indonesia adalah salah satu dari sekian negara yang paling lama dijajah oleh negara lain dan akhirnya berani bangkit.


Alasan umum lainnya :
  • - Karena Indonesia adalah negara yang secara geografis berada di lokasi yang strategis.
  • - Karena Indonesia adalah tanah yang memiliki banyak sekali sumber daya alam bermanfaat yang tidak dimiliki oleh bahkan negara berkembang lainnya.
  • - Karena Indonesia adalah bangsa yang memiliki beragam kebudayaan berdevisa tinggi.
  • - and so on.

Tapi sadarkah kita, kalau sebetulnya tidak hanya itu alasan yang bisa kita lontarkan saat ditanya mengapa kita harus bangga pada Indonesia. Yaitu,
Masyarakat Indonesia adalah sebagian besar dari seluruh masyarakat dunia yang memiliki survival ability paling kuat.

What is survival ability? apa hubungannya, sehingga kita harus bangga akan hal itu?

Negara kita sudah berpuluh-puluh tahun menempuh siklus kemerdekaan. Dan ditengah kemerdekaan yang membanggakan itu, kita sudah menghadapi beribu-ribu cobaan yang menghadang. Dari mulai bencana alam, maraknya kasus narkotika, masalah kesehatan, human trafficking, kejahatan politik, dan yang paling nge-trend sekarang-sekarang ini adalah kasus korupsi.

Lihat saudara-saudari kita diluar sana ! Yang di gerbong kereta, yang berdiri di bis, yang duduk di angkutan, yang lagi landing pesawat, yang sedang berlayar, dan yang lagi naik delman. Saudara-saudari sebangsa dan setanah air kita adalah orang-orang yang kuat! Mereka dan kita adalah sesama manusia yang memiliki kemampuan berjuang yang tinggi.

  • Bayangkan, dalam kondisi sesedih apapun. Aktor dan Aktris Indonesia masih mampu memerankan lakon masing-masing dalam sinetron-sinetron yang biasa kita tonton di layar kaca.
  • Bayangkan, dalam kondisi seduka apapun. Para seniman jalanan masih tegar tertawa dan bergurau sambil memetikan gitar dan menyampaikan pesan-pesan moral dalam lagu yang mereka bawakan di pinggir jalan.
  • Bayangkan pula, dalam kondisi ekonomi yang morat-marit seperti tahun-tahun belakangan ini pun, masih banyak sekali mahasiswa-mahasiswi yang berhasil mendapatkan beasiswa hingga ke negeri Paman Sam.
  • serta bayangan-bayangan lainnya yang silahkan Anda pikirkan sendiri.


Dari banyak peristiwa yang kita alami sehari-hari. Harusnya dapat disimpulkan bahwa :
" Indonesia adalah Negeri yang dapat menghibur dan menghapus air matanya sendiri dalam setiap kondisi. "


Kita patut bersyukur dan berbangga hati karena berkat kekuatan serta naluri berjuang kita, kita semua mampu bertahan menopang negara kita tercinta ini.

Semoga alasan bangga menjadi Indonesia yang baru Ninies jabarkan diatas, dapat menambah daftar panjang alasan mengapa kita harus bangga menjadi seseorang berkebangsaan Indonesia.

I'm so proud to be an Indonesian, how about you?

No comments:

Post a Comment